Tips Panduan Mengendarai Mobil dengan Baik di Jalan Sempit

Tips Mengendarai Mobil di Jalan Sempit - menjadi hal yang terlihat tidak terlalu penting tapi jika saat mengalaminya pasti informasi ini akan bermanfaat. Jalanan sempit banyak pengguna kendaraan tidak ingin melaluinya, namun jika suatu saat karena terpaksa harus menjalaninya maka harus sudah siap dengan yang dihadapi.

Terdengar menakut-nakutin ya? Maaf, bukan ingin seperti itu tetapi agar lebih mempersiapkan diri karena jalanan sempit perlu ketenangan diri membawa kendaraan, dan jika jalan tersebut untuk berpapasan dengan mobil jaraknya hanya sedikit maka perlu menenangkan diri dan tidak terbawa gusar karena hal tersebut malah membuat jadi gelagapan yang akhirnya bisa tersenggol dengan mobil lainnya.

Jalanan sempit bukan harus anda tinggal di desa, malah di kota juga banyak seperti saat berkunjung ke tempat saudara ternyata rumahnya masuk gang atau jalan kecil maka anda yang datang menggunakan mobil pasti tidak ingin memarkirkan sembarangan dan lebih memilih untuk melewati jalan tersebut bukan?

Biar tidak terlalu panjang pembukaannya, langsung saja berikut panduan tips mengendarai mobil di jalan sempit yang bisa anda pelajari dan praktekkan nantinya:

Tips Panduan Mengendarai Mobil dengan Baik di Jalan Sempit



1. Apabila yang kita bahas disini jalan sempit yang ada di pedesaan maka hal yang perlu dilakukan adalah selalu konsentrasi terhadap jalan yang ada. Kondisi desa yang terlihat sepi belum tentu dapat menjamin keamanan karena salah satu penyebabnya banyak anak kecil yang menyebrang sembarangan karena mobil biasanya masih sedikit dan oleh karena itu perlu tetap konsentrasi.

2. Jalan sempit baik di kota dan di desa jika akan berpapasan dengan mobil lain sebaiknya lebih milih untuk mengalah dengan menepi sedikit dan memberikan kesempatan mobil tersebut jalan lebih dahulu. Apabila memang bisa berpapasan namun jaraknya tidak terlalu luas, maka pastikan untuk mengatur tingkat kecepatan kendaraan dan jangan sampai terlalu kencang.

3. Saat berada di jalan sempit dimana ada sepeda motor yang ingin mendahului mobil anda dan di depan ternyata ada mobil lain yang akan berpapasan apabila masih jauh sebaiknya persilahkan saja sepeda motor tersebut untuk jalan duluan. Namun jika mobil dari depan sudah dekat, sebaiknya berikan tanda dengan lampu sein kanan untuk menginformasikan kepada pengendara sepeda motor agar sabar dan tidak mendahului sampai mobil dari depan sudah lewat.

4. Jalan sempit tidak selamanya lurus, kadang ada juga yang menikung dengan luas jalan yang tidak lebar dan banyak terdapat bangunan atau tebing yang menutupin pandangan ke depan. Apabila anda mengalami hal ini, utamakan sebelum melintasi jalan menikung untuk menekan klakson terlebih dahulu agar mobil lain dari arah yang berlawanan akan tahu bahwa ada mobi yang akan melintas di jalan menikung.

Mengendarai mobil memang sebaiknya dilakukan dengan hati-hati apalagi mengendarai mobil di jalan sempit maka utamakan untuk mengendalikan diri saat berada di belakang kemudi karena hanya dengan pengendalian diri maka dapat memberikan rasa tenang selama mengendarai mobil.

Semoga artikel tentang Tips Mengendarai Mobil di Jalan Sempit dapat membantu bagi anda yang sedang membutuhkan dan tak lupa juga untuk mengajak anda membaca artikel menarik lainnya tentang Nissan X-Trail, Mobil SUV Paling Tangguh dan Nyaman bisa jadi tertarik untuk melihat ulasan yang ada.

Artikel Terkait

Tips Panduan Mengendarai Mobil dengan Baik di Jalan Sempit
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email