Tips Membuka Cafe dan Poin Poin Penting Untuk Dipertimbangkan

Tips Membuka Cafe - Manusia yang memiliki kebutuhan utama dalam hal makanan menjadi salah satu celah peluang bisnis yang sangat sayang untuk tidak diambil. Membuka restoran atau bagi yang tidak memiliki modal yang banyak namun mempunyai keahlian dalam memasak bisa menerapkan dengan memulai bisnis kuliner dengan bermodalkan gerobak keliling.

Jenis bisnis yang di atas dapat dikategorikan masih taraf dasar karena saat konsumen menginginkan makan di tempat yang bergengsi dan ingin mempublikasikannya di sosial media pasti lah tempatnya juga harus yang wah agar membuat orang lain juga penasaran dan ingin merasakan hal yang sama.

Mengingat hal tersebut maka mulai banyak yang melirik bisnis kafe dimana selain sebagai tempat nongkrong, bisa juga digunakan untuk pertemuan penting, merayakan hari-hari tertentu dan lainnya biasanya menu yang disediakan juga beraneka ragam pilihan dan bagi yang sukanya hanya minum juga terdapat banyak pilihan minuman.

Hal ini terjadi karena daya beli masyarakat semakin meningkat yang awalnya lebih memilih restoran mulai bergeser dengan mendatangi cafe-cafe apalagi yang menawarkan konsep unik dan belum pernah ada sama sekali kafe yang membuat seperti itu maka tempat tersebut bakal ramai pengunjungnya, belum lagi jika menu yang disediakan juga tergolong langka di kafe lainnya ini juga bakal menjadi daya tarik orang untuk datang ke tempat tersebut.

Melihat trend ini maka orang mulai beralih pemikiran yang semula jika berbicara bisnis kuliner maka berkeinginan ingin mempunyai restoran menjadi lebih semangat untuk membuka cafe unik yang beda dari biasanya. Apa anda seperti itu? Sudah tahu tips membuka cafe dan persiapan apa saja yang diperlukan? Inilah yang akan kami bagikan informasinya.

5 Tips Persiapan Membuka dan Berbisnis Cafe

Tips Membuka Cafe


Persiapan membuka cafe baru yang akan disampaikan disini berdasarkan berbagai pengalaman pengusaha kuliner yang kami coba rangkum agar lebih mudah untuk dipahami. Menurut mereka ada lima pokok penting utama yang perlu diperhatikan bagi seorang yang ingin berbisinis cafe antara lain:


  • Merencanakan Konsep dengan Matang

Konsep menjadi landasan paling utama yang perlu diperjelas saat ingin berbisnis apapun termasuk syarat membuka cafe. Sudah pasti memang apabila berbicara tentang cafe dari segi kenyamanan, makanan dan minuman wajib sudah berkualitas dan tidak bisa ditolerir. Namun untuk membedakan antara cafe satu dengan yang lainnya perlu adanya suatu yang menarik.

Contoh simpelnya, menu minuman yang ditawarkan apa saja, apakah hanya satu jenis atau ada banyak pilihan. Ini menjadi penting untuk diperhitungkan terlebih dahulu secara lebih banyak orang nongkrong di cafe hanya untuk sekedar minum saja lebih tepatnya memesan secangkir kopi lalu berbincang dengan teman mereka. Untuk kopi sendiri juga banyak jenisnya, dan yang paling terbaru ada Discoffeery, Kopi Hijau 100% Asli yang lebih menonjolkan khasiat sebagai minuman pelangsing dan kesehatan.

Hal-hal seperti itu, wajib direncakan di awal agar dapat mengetahui apa-apa saja nantinya yang akan ditawarkan kepada pengunjung. Selain dari segi menu, juga bisa membuat konsep tempat dengan tampilan menarik mungkin dengan menggandeng desainer yang memang sudah terbiasa mendesain tempat yang unik serta berbeda dengan berbagai ciri khas ini juga menjadi hal yang sebaiknya tidak terlewatkan untuk dipertimbangkan karena banyak juga orang yang mendatangi cafe karena tempatnya tidak biasa.


  • Menyediakan Menu Tambahan

Cafe biasanya lebih diutamakan tersedia berbagai jenis kopi namun perlu dipertimbangkan untuk mempersiapkan menu tambahan berupa makanan. Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, terkadang tempat-tempat seperti ini sering juga dijadikan untuk keperluan acara-acara penting misalnya ada untuk rapat, pelatihan, pesta ulang tahun, kopdar dan lainnya. Oleh karena itu, cafe saat ini tidak hanya berbicara kopi tetapi juga sudah wajib ada makanannya serta minuman lainnya diluar kopi.

Makanan biasanya akan di pesan orang saat sudah terlalu lama duduk berbincang ataupun menunggu teman datang. Untuk variasi makanan juga perlu dibuat pengelompokan mulai dari makanan ringan seperti cemil-cemilan, makanan sedang seperti roti, burger, dan lainny serta juga makanan berat lebih kepada nasi. Dengan adanya menu-menu seperti ini, bisa membuat orang jadi semakin betah berlama-lama di cafe apalagi didukung tempat yang nyaman.


  • Kemudahan Mendapatkan Pemasok Bahan

Untuk menu kopi yang beraneka ragam apabila ini menjadi andalan utama maka sangat penting untuk memastikan terlebih dahulu pihak yang dapat bekerja sama dengan anda untuk memasok bahan-bahan yang berhubungan dengan kopi. Pastikan untuk memiliki lebih dari satu pemasok karena dengan begini jika terjadi kendala di pemasok utama ada cadangannya namun juga upayakan yang memiliki kualitas yang sama.

Banyaknya jenis kopi yang akan ditawarkan sudah tentu akan membuat banyak pula bahan-bahan sebelum digunakan. Mengatasi hal tersebut perlu juga dilakukan pengelolaan secara rapi agar dapat mengetahui jumlah bahan yang sudah dan belum dipakai karena jangan sampai pengelolaan yang buruk jadi membuat rugi.


  • Meminimalisir Rekrut Pekerja

Cafe yang baru di buka bukan langsung bisa ramai terus malah jika tidak bagus berpromosinya bisa sepi. Oleh karena itu, tahap awalnya bisa merekrut 3 sampai 4 orang terlebih dahulu dimana ada bertugas sebagai barista yang khusus untuk kopi, serta yang menyiapkan makanan dan melayani pengunjung. Apabila masih memungkinkan, untuk bagian kasir maka bisa langsung dipegang oleh kita sendiri karena sebaiknya di awal perlu mengetahui terlebih dahulu sistemnya baru lah jika sudah lebih paham bisa merektut orang lagi untuk dibagian kasir.


  • Tempat Strategis

Bisnis apapun tidak pernah luput dengan yang namanya lokasi apalagi ini berhubungan dengan kuliner maka sudah seharusnya tempat yang digunakan sangat mudah dijangkau, dilihat orang, serta perlu juga memperhatikan lingkungan sekitar apakah ada tempat keramaian atau tidak karena ini menjadi faktor penting yang perlu dipertimbangkan.

Cafe yang baru sebaiknya juga perlu melihat tempat apakah lahan parkir cukup luas, untuk ini tergantung target market juga apabila ingin menyasar kalangan atas yang bisa menaiki mobil maka wajib menyediakan lahan parkir luas karena jangan sampai saat sudah ramai sangat sulit menemukan tempat untuk parkir mobil.

Dari kelima tips membuka cafe yang disampaikan disini semoga dapat memberikan gambaran khususnya bagi orang yang ingin terjun berbisnis di bidang cafe untuk mempersiapkan rincian biaya modal awal yang dibutuhkan untuk membuka cafe. semoga bermanfaat.

Artikel Terkait

Tips Membuka Cafe dan Poin Poin Penting Untuk Dipertimbangkan
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email