Cara Mengatasi Ruam Popok Pada Bayi Tanpa Perlu Kuatir

Cara mengatasi ruam popok pada bayi - buah hati anda memiliki kulit sangat lembut harus menjadi salah satu fokus penting bagi orang tua dengan cara melindungi serta merawatnya dengan sebaik mungkin agar kulit bayi yang lembut tetap terjaga.

Kulit yang lembut sangat penting agar bayi dapat merasakan serta mempelajari lingkungan sekitarnya melalui sentuhan- sentuhan yang diberikan kedua orang tuanya. Oleh karena itu, sangat wajib untuk menjaga kulit bayi selain sehat juga kelembutannya tetap terlindungi.

Cara Mengatasi Ruam Popok Pada Bayi


Berbicara tentang ruam popok, pada dasarnya bayi yang berada pada usia antara empat hingga 15 bulan hampir banyak yang mengalami apa yang disebut dengan ruam popok minimal satu kali dalam dua bulan. Orang tua tidak perlu kuatir karena hal ini termasuk umum dan bukan merupakan kasus berat, dimana akan kembali normal setelah 3 sampai 4 hari dengan metode perawatan khusus.


Tahapan Mencegah

1. Melakukan penggantian popok dengan teratur, bahkan popok yang kelihatan masih bagus juga perlu untuk diganti agar kulit bayi terlindungi. Dalam mencuci popok juga sebaiknya menggunakan detergent khusus untuk pakaian bayi.

baca juga: Senyum Ceria Bayi Sehat Bersama Ougi Detergent

2. Utamakan untuk menggunakan popok yang terdapat petunjuk dapat menyerap keringat, dimana tujuannya agar membuat kulit bayi tetap kering.

Tahapan Perawatan Ruam Popok Bayi

1. Popok yang sudah basah dan kotor sebaiknya dilakukan pergantian secepat dan sesering mungkin agar tidak membuat kulit bayi jadi lembab.

2. Area popok dibersihkan dengan air atau kain lembut atau juga dapat menggunakan penyeka popok yang lembut.

3. Kulit bayi dikeringkan seluruhnya tanpa menggosoknya.

Tahapan Melindungi Kulit

1. Mengoleskan salep pelindung atau cream yang mengandung zinc oxide atau petroleum secara tipis.

2. Menggunakan popok kualitas tinggi yang dapat menjaga kelembaban, menyerap serta lembut agar kulit tetap kering sehingga tidak terjadi ruam bahkan lebih parah alergi. 

baca juga: Panduan Cara Mengatasi Alergi Pada Anak Bayi Secara Alami

3. Popok tidak terlalu ketat agar menghindarkan kulit bayi dari lembab.


Tahapan Lanjutan

Apabila terlihat gejala ruam semakin parah seperti melepuh, berdarah, tidak terlihat seperti biasa maka dapat langsung membawa buah hati ke dokter untuk penanganan lebih lanjut.

Cara mengatasi ruam popok pada bayi yang diberikan disini semoga bisa membantu namun perlu diingat lebih baik mencegah sebelum terkena maka perhatikan kesehatan kulit bayi dari dini.

Artikel Terkait

Cara Mengatasi Ruam Popok Pada Bayi Tanpa Perlu Kuatir
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email