Panduan Cara Mengatasi Alergi Pada Anak Bayi Secara Alami

Cara mengatasi alergi anak bayi- meningkatnya kasus alergi belakangan ini baik dalam kancah global maupun nasional khususnya di Indonesia yang tiap tahunnya selalu bertambah sebesar 30 persen membuat orang tua jadi kuatir akan kesehatan bayi mereka. Kecemasan ini sangatlah tepat, karena bayi masih belum memiliki sistem kekebalan tubuh yang sempurna seperti orang dewasa sehingga jika tidak diperhatikan dengan baik maka anak bayi terserang alergi.

Penyebab alergi utama muncul karena respon yang bekerja dari sistem kekebalan tubuh tidak berfungsi dengan baik dalam menghadai benda ataupun zat lainnya yang pada dasarnya tidak berbahaya untuk tubuh seperti saat makan dan minum. Berikut beberapa jenis makanan dan minuman yang biasanya banyak orang terserang alergi antara lain makanan laut, kacang, susu sapi, dan lainnya. Orang yang mengalami alergi biasanya diberikan obat anti alergi namun bukan untuk menyembuhkan hanya meredakan, hanya saja jika bayi yang terkena alergi akan lebih sulit lagi.

Tips Anak lainnya: Cara Mengatasi serta Mendidik Anak Nakal Menjadi Baik Sesuai Syariat Islam

Susu sapi yang sangat banyak kasus menyebabkan bayi alergi perlu juga menjadi perhatian orang tua karena jangan sampai memberikan makanan yang di dalamnya terkandung susu dan sejenisnya seperti halnya yogurt dan keju, dalam hal ini untuk bayi yang minum ASI. Sedangkan bayi yang tidak mengonsumsi ASI maka pastikan untuk memberikan susu formula khusus berbeda dari biasanya.

Panduan Cara Mengatasi Alergi Pada Anak

Apakah bisa dilakukan pencegahan agar bayi tidak alergi terhadap susu sapi? Namun sebelumnya ada selain dari makanan dan minuman, bayi juga dapat terkena alergi dari pakaian yang digunakan oleh karena itu perlu teliti saat mencuci pakai dengan deterjen dan untuk lebih jelas tentang hal ini bisa membaca senyum ceria bayi sehat bersama ougi detergent agar tidak salah menggunakan deterjen. Berikut cara yang bisa dilakukan mencegah alergi:

  • Memberikan ASI Eksklusif
Makanan paling bergizi untuk bayi sebenarnya ada pada Ibu yaitu ASI, namun belakangan terutama ibu yang berperan sebagai wanita karir malah lebih memilih memberikan susu formula ke buah hati mereka. Hal tersebut sebaiknya tidak lagi terjadi karena dengan memberikan si kecil ASI eksklusif sampai berusia dua tahun maka dapat menghindarkan anak terkena alergi.

  • Jauhi Asap Rokok
Asap rokok sangat tidak bagus bagi siapa saja, apalagi anak bayi. Ibu yang sedang mengandung ataupun bayi yang sudah lahir upayakan untuk terhindar dari asap rokok dan jika ada anggota keluarga yang merokok maka berikan nasihat agar tidak merokok dekat bayi.

  • Makanan Penyebab Alergi
Ibu hamil banyak sekali mendapatkan mitos seperti halnya dalam pantangan makanan yang katanya dapat menyebabkan alergi. Contohnya susu sapi, makanan laut, kacang- kacangan, dan telur dikatakan apabila ibu hamil maka tidak dianjurkan untuk mengonsumsi makanan dan minuman tersebut. Namun dari hasil penelitian yang ada, tidak ada efek sama sekali baik konsumsi maupun tidak bukan menjadi patokan bahwa anak akan terbebas dari alergi.

  • Makanan Pendamping
Berdasarkan hasil yang diberikan oleh WHO dan Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) menyatakan bahwa untuk bayi agar terhindar dari alergi maka makanan padat pendamping dianjurkan untuk diberikan saat bayi telah mencapai usia enam bulan.

Tips-tips tentang cara mengatasi alergi anak bayi hanya sebagai tambahan yang bisa membantu namun yang paling penting dan memilik banyak nutrisi serta gizi untuk tubuh adalah ASI. Oleh karena itu, upayakan bagi Ibu agar sebisa mungkin memberikan ASI Ekslusif kepada buah hati jika ingin terhindar dari alergi.

Artikel Terkait

Panduan Cara Mengatasi Alergi Pada Anak Bayi Secara Alami
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email